25 September 2017

AKSI MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS ANDALAS

“PENGGALANGAN DANA UNTUK ROHINGYA”

 

 

            Perihal tragedi kemanusiaan yang sedang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. Dengan berbagai cobaan dan kesusahan. Bahkan harus hidup mengungsi ke Negara lain membuat kita prihatin. Salah satu langkah konkret yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Mesin untuk Rohingya adalah melakukan penggalangan dana dari tanggal 14 – 21 September 2017 dengan Bekerja sama dengan seluruh Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas. 

 

 

          Acara penggalangan dana yang dilakukan selama 7 hari Alhamdulillah terkumpul sebanyakRp. 3.123.700,-dana ini akan disalurkan lewat rekening ACT ( Aksi Cepat Tanggap ). Semoga acara ini bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara kita. Dan semoga kita menjadi manusia yang bermanfaat untuk kedepannya

16 Oktober 2017

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Staf Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas

 

 Jurusan Teknik Mesin, Universitas andalas yang diwakili oleh seluruh dosen melakukan pengabdian masyarakat di Jorong Limau Kambiang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam dan di Jorong Sungai Cubadak, Nagari Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi Jurusan Teknik Mesin dalam memajukan industry rumah tangga.

        Salah satu rangkaian acara adalah serah terima peralatan Teknologi yaitu SMART SOLAR TUNNEL DYER (Rumah Pengering Cerdas Tenaga Surya ) dan Mesin Roller Press dan Cetakan Mekanis. Dengan acara ini diharapkan dapat membantu industry rumah tangga untuk lebih maju dan dapat meningkatkan jumlah produksi

 

Photo bersama antara staf dosen JTM FT-UA

 

22 November 2017

MAHASISWA TEKNIK MESIN

MENUJU PRESTASI TINGKAT NASIONAL
“Kontes Mobil Hemat Energi 2017”

          KMHE merupakan singkatan dari Kontes Mobil Hemat Energi yang juga sebagai eventyang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala Nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima saat kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan penggerak yang digunakan, diantaranya Motor Bakar (bahan bakar bensin, diesel, dan etanol), Motor Listrik, dan Hybrid.

          Pada KMHE 2017 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Himpunan Mahasiswa Mesin dari Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas mengirimkan wakilnya pada event tahun ini. Tim Marawa yang beranggotakan 10 orang dengan dosen pembimbing Bapak Ismet Hari Mulyadi, Ph. D berhasil mengirimkan kendaraan yang diberi nama Marawa G03P yang ikut bersaing di sirkuit balap KMHE bersama kendaraan lainnya dari Lembaga  Pendidikan Tinggi di negeri ini.

          Tim Marawa dengan  Mobil Prototype Marawa G03P pada KMHE 2017 turun dalam kategori prototype dengan penggerak motor bakar bensin. Mobil Marawa G03P ini terbuat dari rangka yang ringan sehingga akan memperkecil gesekan yang disebabkan karena beratnya kendaraan. Untuk body dari kendaraan ini terbuat dari bahan komposit menggunakan serat kaca dan resin, dimana perpaduan bahan ini membuat body mobil yang halus dan ringan.

          Sistem penggerak pada mobil Marawa G03P ini adalah Internal Combustion Engine dengan memanfaatkan mesin motor Honda Beat FI dengan kapasitas 110cc. Dengan mesin tipe injeksi ini maka akan memaksimalkan performa dari mesin sendiri dimana spesifikasinya sendiri mampu mencapai putaran maksimum sebesar 8000 rpm. Sistem penggerak dengan motor bakar ini juga dilengkapi dengan sistem transmisi yang memakai kopling cakar dan kopling sentrifugal. Selain memanfaatkan kopling tersebut, pada sistem transmisi ini turut memakai perbandingan rasio gear dan pulley dimana akan menghasilkan putaran dan torsi yang besar namun meminimalkan pengeluaran bahan bakar. Pengaruh engine brake dapat diminimalkan sehingga menghemat bahan bakar.

Foto Tim Marawa Teknik Mesin Unand

 

 

Padang 2017,  mekatronika adalah salah satu mata kuliah yang dipelajari dijurusan teknik mesin, mata kuliah yang mempelajari mengenai otomasi produksi, sensor, dan lain-lain. Mata kuliah ini dipelajari pada semester 5. Kini mahasiswa teknik mesin tidak hanya mempelajari terori saja, selain praktikum Himpunan Mahasiswa Mesin mewadahi pembekalan mengenai ROBOTIC.