PELATIHAN DAN PENGAPLIKASIAN ILMU MEKATRONIKA OLEH MAHASISWA TEKNIK MESIN

 

Padang 2017,  mekatronika adalah salah satu mata kuliah yang dipelajari dijurusan teknik mesin, mata kuliah yang mempelajari mengenai otomasi produksi, sensor, dan lain-lain. Mata kuliah ini dipelajari pada semester 5. Kini mahasiswa teknik mesin tidak hanya mempelajari terori saja, selain praktikum Himpunan Mahasiswa Mesin mewadahi pembekalan mengenai ROBOTIC.

 

Bekerja sama dengan unit kegiatan himpunan yaitu UKH ROBOTIC dan laboratorium Mekatronika. Pelatihan ini diikut oleh sekitar 30 orang. Pelatihan ini diawali dengan mengenal dasar-dasar ilmu mekatronika, rangkaian listrik dan lain lain.

 

E:\1491819146309.jpg

 

Mahasiswa dituntut menguasai teori dan langsung mengaplikasikannya dalam membuat rangkaian hingga produk yang

dibuat berjalan dengan baik. Seperti yang  kita lihat pada gambar mahasiswa teknik mesin merangkai robot mobil.

Robot yang berjalan dengan sendirinya baik melalui line followers maupun dengan menggunakan GPS. Hal yang

diharapkan dari pelatihan ini adalah Mahasiswa Teknik Mesin dapat berkarya dan berkompetisi baik di lingkungan

Sumatra barat maupun ke tinggat Nasional misalnya Kontes Robot Indonesia ( KRI ).

KUNJUNGAN SEKALIGUS PERKENALAN TEKNOLOGI DRONE DAN PKM  KE UNIVERSITAS BUNG HATTA OLEH MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN DAN STAF DOSEN PEMBIMBING





 

Padang, Dengan perkembangan technologi yang semakin cepat, Teknik Mesin Universitas Andalas mensiasatinya dengan mendukung penuh kegiatan Mahasiwa demi kemajuan Mahasiswa dan Jurusan Teknik Mesin. Salah satunya dengan memberi dukunga kepada Himpunan Mahasiswa Mesin yang bergerak dibidang pesawat tanpa awak/Drone. Dengan prestasi yang diraih ditingkat Nasional pada tahun 2015 & 2016. Mahasiswa teknik mesin diharapkan mengukir prestasi yang lebih baik dan menjadi pelopor bagi kemajuan teknologi.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke Universitas Bung Hatta dengan tema “SOSIALISASI TEKNOLOGI DRONE DAN PKM MAHASISWA TEKNIK MESIN” acara yang bertujuan sebagai pengenalan dan mengajak semua Mahasiswa khususnya Teknik Mesin di padang berkontribusi dan menjadi pelopor bagi perkembangan Teknologi di Padang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Mahasiswa Universitas Bung Hatta dan staf dosen Universitas Bung Hatta. Dimulai dari seminar mengenai PKM dan Drone lalu diteruskan oleh Test flight pesawat tanpa awak / Drone, yang dilakukan Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Universitas Andalas

 

Dengan acara yang bekerja sama antara Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas dan Universiras Bung Hatta diharapkan Seluruh Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin se Kota Padang saling merangkul untuk kemajuan dan perkembangan Teknologi di Kota Padang.

Padang, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas bekerja Sama dengan PT.HAYATI mengadakan acara Seminar Teknology Honda dan Test drive serta kiat-kiat bekendara di jalan raya agar tinggat kecelakaan di jalan raya khususnya di Sumatra Barat menurun. Acara ini berdampingan dengan HUT ulang tahun Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas yang ke 30 Tahun.


















Dalam 2 hari rangkaian acara yang dimeriahkan dengan service motor murah, pelatihan berkendara, dan Hadiah-hadiah lainya. Acara yang di hadiri oleh Mahasiswa Universitas Andalas mendapat apresisasi yang besar, khusunya dari Ketus jurusan Teknik Mesin dan staf dosen lainya.

 

Disini terlihat bahwa peran Mahasiswa dalam masyarakat sangat vital, Mahasiswa tidak hanya untuk belajar,belajar dan belajar. Tetapi mahasiswa dituntut aktif untuk menjadi pelopor di masyarakat, penyelesaian masalah dan khusunya pada acara ini sebagai pelopor dalam keselamatan berkendara. Hal ini yang akan terus ditumbuhkan ke Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin agar terciptanya Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang siap turun ke masyarakat demi kebaikan bersama.

 

Jurusan Teknik Mesin melakukan sosialisasi ke Prov bengkulu.

 

Agenda Kegiatan

No events