Tim Marawa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas

MAHASISWA TEKNIK MESIN

MENUJU PRESTASI TINGKAT NASIONAL
“Kontes Mobil Hemat Energi 2017”

          KMHE merupakan singkatan dari Kontes Mobil Hemat Energi yang juga sebagai eventyang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala Nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima saat kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan penggerak yang digunakan, diantaranya Motor Bakar (bahan bakar bensin, diesel, dan etanol), Motor Listrik, dan Hybrid.

          Pada KMHE 2017 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Himpunan Mahasiswa Mesin dari Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas mengirimkan wakilnya pada event tahun ini. Tim Marawa yang beranggotakan 10 orang dengan dosen pembimbing Bapak Ismet Hari Mulyadi, Ph. D berhasil mengirimkan kendaraan yang diberi nama Marawa G03P yang ikut bersaing di sirkuit balap KMHE bersama kendaraan lainnya dari Lembaga  Pendidikan Tinggi di negeri ini.

          Tim Marawa dengan  Mobil Prototype Marawa G03P pada KMHE 2017 turun dalam kategori prototype dengan penggerak motor bakar bensin. Mobil Marawa G03P ini terbuat dari rangka yang ringan sehingga akan memperkecil gesekan yang disebabkan karena beratnya kendaraan. Untuk body dari kendaraan ini terbuat dari bahan komposit menggunakan serat kaca dan resin, dimana perpaduan bahan ini membuat body mobil yang halus dan ringan.

          Sistem penggerak pada mobil Marawa G03P ini adalah Internal Combustion Engine dengan memanfaatkan mesin motor Honda Beat FI dengan kapasitas 110cc. Dengan mesin tipe injeksi ini maka akan memaksimalkan performa dari mesin sendiri dimana spesifikasinya sendiri mampu mencapai putaran maksimum sebesar 8000 rpm. Sistem penggerak dengan motor bakar ini juga dilengkapi dengan sistem transmisi yang memakai kopling cakar dan kopling sentrifugal. Selain memanfaatkan kopling tersebut, pada sistem transmisi ini turut memakai perbandingan rasio gear dan pulley dimana akan menghasilkan putaran dan torsi yang besar namun meminimalkan pengeluaran bahan bakar. Pengaruh engine brake dapat diminimalkan sehingga menghemat bahan bakar.

Foto Tim Marawa Teknik Mesin Unand