PELATIHAN DAN PENGAPLIKASIAN ILMU MEKATRONIKA OLEH MAHASISWA TEKNIK MESIN

 

Padang 2017,  mekatronika adalah salah satu mata kuliah yang dipelajari dijurusan teknik mesin, mata kuliah yang mempelajari mengenai otomasi produksi, sensor, dan lain-lain. Mata kuliah ini dipelajari pada semester 5. Kini mahasiswa teknik mesin tidak hanya mempelajari terori saja, selain praktikum Himpunan Mahasiswa Mesin mewadahi pembekalan mengenai ROBOTIC.

 

Bekerja sama dengan unit kegiatan himpunan yaitu UKH ROBOTIC dan laboratorium Mekatronika. Pelatihan ini diikut oleh sekitar 30 orang. Pelatihan ini diawali dengan mengenal dasar-dasar ilmu mekatronika, rangkaian listrik dan lain lain.

 

E:\1491819146309.jpg

 

Mahasiswa dituntut menguasai teori dan langsung mengaplikasikannya dalam membuat rangkaian hingga produk yang

dibuat berjalan dengan baik. Seperti yang  kita lihat pada gambar mahasiswa teknik mesin merangkai robot mobil.

Robot yang berjalan dengan sendirinya baik melalui line followers maupun dengan menggunakan GPS. Hal yang

diharapkan dari pelatihan ini adalah Mahasiswa Teknik Mesin dapat berkarya dan berkompetisi baik di lingkungan

Sumatra barat maupun ke tinggat Nasional misalnya Kontes Robot Indonesia ( KRI ).

KUNJUNGAN SEKALIGUS PERKENALAN TEKNOLOGI DRONE DAN PKM  KE UNIVERSITAS BUNG HATTA OLEH MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN DAN STAF DOSEN PEMBIMBING





 

Padang, Dengan perkembangan technologi yang semakin cepat, Teknik Mesin Universitas Andalas mensiasatinya dengan mendukung penuh kegiatan Mahasiwa demi kemajuan Mahasiswa dan Jurusan Teknik Mesin. Salah satunya dengan memberi dukunga kepada Himpunan Mahasiswa Mesin yang bergerak dibidang pesawat tanpa awak/Drone. Dengan prestasi yang diraih ditingkat Nasional pada tahun 2015 & 2016. Mahasiswa teknik mesin diharapkan mengukir prestasi yang lebih baik dan menjadi pelopor bagi kemajuan teknologi.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke Universitas Bung Hatta dengan tema “SOSIALISASI TEKNOLOGI DRONE DAN PKM MAHASISWA TEKNIK MESIN” acara yang bertujuan sebagai pengenalan dan mengajak semua Mahasiswa khususnya Teknik Mesin di padang berkontribusi dan menjadi pelopor bagi perkembangan Teknologi di Padang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Mahasiswa Universitas Bung Hatta dan staf dosen Universitas Bung Hatta. Dimulai dari seminar mengenai PKM dan Drone lalu diteruskan oleh Test flight pesawat tanpa awak / Drone, yang dilakukan Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Universitas Andalas

 

Dengan acara yang bekerja sama antara Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas dan Universiras Bung Hatta diharapkan Seluruh Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin se Kota Padang saling merangkul untuk kemajuan dan perkembangan Teknologi di Kota Padang.

Padang, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas bekerja Sama dengan PT.HAYATI mengadakan acara Seminar Teknology Honda dan Test drive serta kiat-kiat bekendara di jalan raya agar tinggat kecelakaan di jalan raya khususnya di Sumatra Barat menurun. Acara ini berdampingan dengan HUT ulang tahun Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas yang ke 30 Tahun.


















Dalam 2 hari rangkaian acara yang dimeriahkan dengan service motor murah, pelatihan berkendara, dan Hadiah-hadiah lainya. Acara yang di hadiri oleh Mahasiswa Universitas Andalas mendapat apresisasi yang besar, khusunya dari Ketus jurusan Teknik Mesin dan staf dosen lainya.

 

Disini terlihat bahwa peran Mahasiswa dalam masyarakat sangat vital, Mahasiswa tidak hanya untuk belajar,belajar dan belajar. Tetapi mahasiswa dituntut aktif untuk menjadi pelopor di masyarakat, penyelesaian masalah dan khusunya pada acara ini sebagai pelopor dalam keselamatan berkendara. Hal ini yang akan terus ditumbuhkan ke Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin agar terciptanya Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang siap turun ke masyarakat demi kebaikan bersama.

 

Jurusan Teknik Mesin melakukan sosialisasi ke Prov bengkulu.

 

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia-Nya, sehingga Prosiding Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri ini akhirnya berhasil diterbitkan. Prosiding ini merupakan kumpulan makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri yang diselenggarakan pada tahun 2013, 2014 dan 2015.

Tujuan seminar ini selain sebagai media diskusi juga untuk meningkatkan kontribusi para akademisi dan profesional dalam pengembangan industri nasional melalui penyelesaian masalah teknik mesin yang efektif, hemat energi dan ramah lingkungan serta membangun suasana kondusif untuk meningkatkan jejaring antar perguruan tinggi. 

Terima kasih kami sampaikan kepada semua penulis yang telah menyumbangkan makalahnya dalam prosiding ini. Terima kasih pula kami sampaikan kepada seluruh dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas yang telah terlibat dalam perencanaan dan penyelengaraan seminar serta telah bekerja keras dalam pembuatan prosiding ini baik dari segi naskah agar memenuhi kaidah penulisan ilmiah dan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan maupun dari segi tampilan yang disajikan secara apik.

Kami mohon maaf bila terdapat kekeliruan dalam penerbitan prosiding ini. Kami berharap dengan adanya seminar dan prosiding ini kiranya dapat berguna memberikan manfaat.

Padang, 14 Oktober 2016.

1. Prosiding SINTERIN I (2013) download disini

2. Prosiding SINTERIN II (2014) download disini

3. Prosiding SINTERIN III (2015) download disini

CALL FOR PAPER

 

Jurnal Sistem Mekanik dan Termal (JSMT) merupakan publikasi peer-review berkala yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas. Volume penerbitan terdiri dari dua publikasi setiap tahunnya, yaitu edisi April dan Oktober. Topik pembahasan jurnal meliputi berbagai aspek keilmuan Teknik Mesin dalam rentang yang luas, seperti:

 

  •  Mekanika Terapan (Mekanika benda padat, konstruksi mesin, getaran dan kontrol, mekatronika, tribologi) 
  • Konversi Energi (Energi terbarukan, green industry, konversi energi
  • Material dan Manufaktur (Teknik manufaktur, teknologi material, nano teknologi, perancangan dan pengembangan produk, sistem dan mesin produksi, logistik dan sistem transportasi)
  • Topik-topik lain yang relevan dengan aplikasi dan rekayasa industri.

 

Kesempatan terbuka bagi para akademisi, praktisi maupun pihak pemerintah yang ingin mempublikasikan artikel dan hasil penelitian. Penulis yang ingin mempublikasikan artikel maupun hasil penelitiannya dapat mengirimkannya ke email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

 

Artikel JSMT dapat ditulis menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dan dikirim dalam format Word .doc atau .docx. Panduan penulisan disertakan melalui pemberitahuan ini. Template full paper dapat didownload disini.

Kamis, 15 September 2016 09:46

Silabus Program Sarjana

By

Dokumen Silabus Program Sarjana Teknik Mesin Universitas Andalas dapat diunduh disini.

Tim Unggeh Tabang kembali menunjukkan kerja kerasnya dalam Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2016. Berdasarkan hasil pengumuman seleksi tahap 1 KRTI 2016 yang diumumkan pada website http://belmawa.ristekdikti.go.id/ , 4 (empat) tim Unggeh Tabang berhasil lolos ke Tahap selanjutnya. Ke empat tim tersebut adalah:

1. Tim Unggeh Tabang AFRG 001 (Divisi Fixed Wing, Mapping & Monitoring)
2. Tim Gonjong Tujuah AFRG 002 (Divisi Racing Plane)
3. Tim Sikumbang Api AFRG 003 (Divisi VTOL)
4. Tim Alam Takambang AFRG 004 (Divisi Technology Development)

Selamat berjuang Tim Unggeh Tabang, ukir prestasi untuk masa depan yang lebih baik... Di Udara Kita jaya....

Rabu, 07 September 2016 11:35

Program Akademik

By

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas memiliki 2 Program Studi, yaitunya Program Studi Sarjana Teknik Mesin (S1) dan Program Studi Magister Teknik Mesin (S2).

Rabu, 07 September 2016 11:26

Himpunan Alumni

By

Lulusan prodi Teknik Mesin mempunyai himpunan alumni yang tergabung dalam himpunan alumni Fakultas Teknik Universitas Andalas (KATUA) yang berkantor pusat di Jakarta dan mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia seperti: Batam, Pekanbaru, dan Medan. Selain itu alumni prodi Teknik Mesin khususnya juga memiliki sebuah ikatan alumni dan telah menyediakan fasilitas inap gratis bagi alumni yang baru tamat dan akan mencari pekerjaan. Fasilitas inap gratis ini disebut dengan BASE CAMP HMM yang berlokasi di dua tempat yaitu Depok dan Batam. Kegiatan dari alumni terkait untuk kemajuan prodi Teknik Mesin untuk dua bidang yaitu yang berhubungan dengan akademik dan non-akademik:

Akademik:

  •       Sumbangan dana: bantuan beasiswa senilai Rp1,25 juta/tahun untuk tiga tahun (2013, 2014, 2015) untuk mahasiswa miskin.
  •       Sumbangan fasilitas: Bantuan peralatan kelengkapan laboratorium berupa satu unit mobil Toyota Vios (2015).
  •       Keterlibatan dalam kegiatan akademik: Pemberian kuliah umum oleh alumni terkait dengan bidang Keteknikmesinan dan cara menghadapi lapangan kerja, minimal dilakukan oleh 4 orang alumni setiap tahun.
  •       Pelatihan dari alumni regular setiap tahun tentang carreer guidance.
  •         Pengembangan jejaring: Keterlibatan alumni dalam rangka pengembangan kurikulum dan tracer study.
  •       Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik: bantuan untuk penyediaan tempat untuk kerja praktek, magang industri dan tugas akhir.

 

Non-Akademik

  •        Sumbangan dana: bantuan dana untuk kegiatan ekstrakurikuler seperti service honda gratis bekerja sama dengan bengkel (authorized) AHASS Honda kota Padang, lomba mobil hemat energi (Shell Eco-Marathon, kegiatan pameran, seminar nasional untuk himpunan mahasiswa dan lain-lain.
  •        Sumbangan fasilitas: Penyediaan tempat penampungan bagi alumni yang belum bekerja (BaseCamp) di Depok dan Batam.
  • Pengembangan jejaring: Keterlibatan alumni dalam rangka memberikan informasi tentang lapangan kerja.

Agenda Kegiatan

No events