Tujuan Pendidikan

Wawancara dan survey dengan pihak industri melibatkan beberapa perusahaan dilakukan oleh tiga tim. Tim pertama dipimpin Prof. Dr. Eng. Gunawarman melakukan survey pada beberapa perusahaan di pulau Jawa seperti PT. Krakatau Posco, Banten; PT. Multi Fabrindo Gemilang, Jakarta; PT. Wijaya Karya. Tbk, Jakarta; PT. Komatsu Indonesia, Jakarta dilakukan tanggal 6-9 November 2015. Tim kedua yang dipimpin oleh Dr. Dedison Gasni melakukan survey pada beberapa perusahaan di kota Padang seperti PT. Semen Padang, PT. Auto 2000, Harian Singgalang dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, dilakukan pada tanggal 19 November 2015. Tim ketiga yang dipimpin oleh Dr. Adjar Pratoto mengunjungi beberapa perusahaan di Pulau Batam 19-21 November 2015, seperti PT. KOP Surface Products, Batam; PT. Utraco Bangun Adyabahan Perkasa, Batam; PT. OSI Electronics, Batam; PT. Citra Tubindo Engineering, Batam; PT. Miswaco, Batam. Tim ketiga ini juga melakukan survey terhadap alumni melalui diskusi yang diadakan di mess alumni Teknik Mesin Unand kota Batam pada tanggal 19 November 2015. Disamping hasil survey terhadap PEO, dari kunjungan ini juga menghasilkan beberapa hal-hal yang menjadi perhatian untuk peningkatan program studi ke depannya.

 Tabel 1 Penetapan PEO Program Studi Teknik Mesin

PEO

Keterangan

1

Lulusan memiliki keinginan dan kemampuan untuk belajar secara kontinu melalui pendidikan formal dan informal sehingga mampu memenuhi apapun permintaan profesi dan kehidupan mereka.

2

Lulusan dapat menjadi solusi dari permasalahan teknis dan mampu mengembangkan pengetahuannya untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat

3

Lulusan berpartisipasi dalam research dan pengembangan kreatifitas dan inovasi dalam bidang pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin.

4

Lulusan dapat menjadi suatu teknologi dalam menggali dan menggunakan sumber daya alam untuk menciptakan peluang kewirausahaan.

 

Dokumen lengkap Tujuan Pendidikan/ Program Educational Objectives (PEO) dapat diunduh disini